Liburan ke Pantai Pulau Bintan

by - Friday, April 12, 2013

Saya adalah orang yang suka pantai, rasanya kalo pergi ke pantai hati ini menjadi tenang dan damai. Mendengarkan deburan ombak, Melihat air laut yang berwarna biru dan butiran pasir yang berwarna putih. Itu SESUATU BANGET buat saya. Intinya, saya lebih suka yang berwarna biru daripada hijau. Maksudnya saya lebih suka ke pantai melihat air laut yang berwarna biru daripada harus mendaki gunung melihat pemandangan hutan yang hijau.

Liburan kemaren (29 - 30 Maret 2013) saya pergi ke Pulau Bintan (Tanjung Pinang, Lagoi & Tanjung Uban). Karena batin ini masih belum puas maen2 air di pantai Nirwana Resort - Lagoi. Jadi, mampir lagi kesana... :-)

Saya memulai perjalanan dari Tanjung Balai Karimun - Batam - Bintan (Tanjung Pinang, Lagoi & Tanjung Uban). *sekali mendayung 2, 3 pulau terlampaui*

Padahal, dari Tanjung Balai Karimun Ferry langsung ke Tanjung Pinang sekarang sudah ada. Karena liburan kali ini sudah janjian sama teman2 yang ada di Batam, mau nggak mau harus singgah ke kampung halaman (Batam) dulu untuk transit. Kalo dihitung2 masalah biaya ongkos memang lebih murah via Batam harga tiketnya dari pada langsung ke Tanjung Pinang dari Tanjung Balai Karimun.

Pantai2 di Pulau Bintan itu lumayan bagus....

Di Tanjung Pinang, pantai disekitaran Trikora cukup bagus. Airnya masih bersih dan jernih, pasirnya juga putih dan halus. Dan ada batu-batu besar ditepi pantai yang sudah tersusun secara rapi oleh TUHAN. :-) *sumpah, kayak pantai di Belitong tapi yang KW-an*

*Poto2 diatas adalah disekitaran pantai Trikora - Tanjung Pinang*

Sebenarnya masih ada lagi pemandangan tumpukan batu yang cantik membahana, maaf saya tidak sempat mendokumentasikannya. Disekitaran pantai juga sudah banyak resort2 yang dikelola oleh warga lokal, jadi harga permalamnya cukup bersahabat. :-)

Dari Tanjung Pinang ke Trikora kita bisa sewa mobil dari pelabuhan. Harganya Rp.250.000/mobil, sedangkan jenis mobilnya avanza. Karena saya dan teman2 tidak mau rugi, kami minta sama pak supir untuk singgah dulu ke Kijang buat numpang poto di seribu patung. Berasa kayak di cina...

*Poto2 diatas adalah Wihara Seribu Patung - Kijang*

Dan kami menginap disalah satu resort yang ada disekitaran Trikora. Harga satu kamar Rp.330.000/malam. Saya tidak mau sebutin nama resortnya, karena tidak sesuai standart. Jadi malu untuk merekomendasikan menginap disitu buat teman2. Tapi, beneran lho... Masih banyak resort2 yang bagus dan murah meriah yang pemiliknya warga lokal dibandingkan tempat kami menginap. *walaupun penginapan kami kurang oke, yang penting pemandangan pantainya oke punya. #balance*

Besok harinya kami pergi ke lagoi....

Saya sudah sewa mobil plus supir buat kami jalan2 seharian ke Lagoi dan Tanjung Uban. Harga sewa mobil plus supir untuk satu hari (pagi - sore) bekisar Rp.500.000. Kalo kita sewa mobil tanpa supir cuma Rp.250.000/mobil. Karena rombongan kami tidak tahu jalan plus tidak ada yang bisa nyupir mobil. Yah, mau tak mau harus sewa mobil plus supirnya dunkz....

Ini kedua kalinya saya ke lagoi. Dan saya cuma mengunjungi ke pantai Nirwana Resort dan Reservoir Park. Kalo pantai2 di Lagoi ini bagus banget... Airnya jernih dan tenang, pasirnya putih dan halus. Masih tetap, pengunjungnya kebanyakan WNA (Warga Negara Asing). Maklum, pengelola resortnya juga WNA.

*Entah kenapa, pulau2 yang cantik dan eksotis disekitaran provinsi Kepulauan Riau dikelola oleh WNA*

*Poto2 diatas adalah Pantai di Nirwana Resort - Lagoi*

Gimana pantainya buagus kan.... :-)

Setelah puas berpoto ria dan leyeh2 dipantai. Saya dan teman2 makan siang di pujasera dekat dormitori karyawan. Kalo makan siang disini harga makanannya bersahabat tidak seperti yang ada di Resortnya.

Dan kami sholat dzuhur dimesjid ini...

Masjid di Dormitory Karyawan - Lagoi
Pas sholat dzuhur dimesjid ini, ada warga negara India yang melihat kami sholat. Dan dia ikutan sholat juga, padahal agama dia bukan Islam. -_____-"

Huahahahaha......... lucu sih, dia celingak-celinguk terus pake sarung dan ikutan gerakan sholat.

Setelah sholat dzuhur, kami maen ke kampong oleh2. Cuma bisa lihat2 barang aja kok mentemen... Harganya dolar singapore semua.

Dan setelah capek jalan2 di kampong oleh2, kita langsung ke Reservoir Park Lagoi...

*Poto2 diatas adalah di Reservoir Park Lagoi*

Masuk ke Reservoir Park harganya Rp.5000/ orang. Saya disini selonjoran dan baring2 dipondok2nya untuk menghilangkan penat. Etapi, tempat ini cocok banget buat lokasi poto pre-wedding dengan konsep piknik. :-)

Sudah puas istirahat di Reservoir Park Lagoi. Kami pun melanjutkan untuk minum air kelapa ke Pantai Sakera - Tanjung Uban.

*Poto2 diatas adalah di Pantai Sakera - Tanjung Uban*

Dipantai Sakera, pasirnya bewarna kuning dan kasar. Bukan seperti dipantai Lagoi dan Trikora yang bewarna putih dan halus.

Karena senja juga sudah mau mulai tenggelam, kami pun langsung ke pelabuhan Tanjung Uban buat pulang ke Batam.

Dan saya kasih rincian biaya pokok untuk liburan kami ke Pulau Bintan...

- Ongkos tiket Pergi dari Telaga Punggur - Batam ke Pelabuhan Tanjung Pinang = Rp.40.000/sekali jalan.
*beli 5 tiket gratis 1*

- Sewa mobil dari pelabuhan Tanjung Pinang ke Pantai Trikora = Rp.250.000/sekali jalan.
*kita boleh lho, mampir sana - sini dulu untuk mengunjungi tempat objek wisata yang ada disekitaran Tanjung Pinang. Dan kami kemaren maen ke seribu patung dikijang. Etapi, konfirmasi dulu dinkz sama supirnya boleh ato tidak*

- Nginap disalah satu Resort dekat Pantai Trikora = Rp.330.000/malam.

- Sewa mobil seharian plus supir = Rp.500.000/hari.
*kami sewa mobil seharian dari pagi sampe sore buat jalan2 sekitaran Lagoi dan Tanjung Uban*

- Harga tiket masuk ke Reservoir Park Lagoi = Rp.5000/orang.

- Harga tiket dari Tanjung Uban ke Batam = Rp.35.000/sekali jalan.

Itu aja, kalo masalah makan dan laen2 itu disesuaikan dengan kantong masing2.