Tour De Benan III

by - Wednesday, December 07, 2011

"sepulang dari perjalanan, ada sepenggal kisah yang menarik untuk diceritakan"

Salam Olahraga... !!!

Liburan weekend awal desember kemarin (3-4 Desember 2011), gue and the genkz "GALAU" pergi ke pulau benan. Hehehheeeee.......... Kenapa gue beri nama the genkz "GALAU", karena kita sempat MENGGALAU RIA untuk pergi berapa orang pada malam H -1.

*dilempar batu karang berjamaah sama the genkz "GALAU" *

Formasi pertama dari regu kami hanya lima orang, terus ada penambahan satu orang. Jadilah, total enam orang yang akan pergi. Cerita punya cerita, sih penambahan satu orang ini ternyata tidak bisa ikut. #jleb... Tidak dibolehin pergi ke pulau. Padahal, jatah satu orang untuk penambahan itu sudah dikonfirmasi ke pihak penyelenggara Tour De Benan III.

Pihak penyelenggara Tour De Benan III sudah meng-kuota hanya 100 orang yang akan pergi. Masih menggantunglah kuota penambahan satu orang lagi dari regu kami. Maksudnya, belum bilang ke pihak penyelenggara bahwa penambahan satu orang dari regu kami akan dibatalkan.

Usut punya usut, gue tawarkanlah Tour De Benan III untuk jatah satu orang lagi yang kosong dari regu kami ke teman gue. Dulu, pernah gue tawarkan ke dia. Dia, sempat antusias untuk pergi kesana. Tapi sayang, waktu gue bilang ke dia dulu. Kuota dari penyelenggara Tour De Benan III sudah penuh.

Pucuk dicinta ulam pun tiba buat teman gue. Waktu ada satu jatah yang kosong, langsung gue chattingan sama dia untuk ikutan berangkat bersama kami. Dan jawabannya sih ayuk2 aja. :-)

Tiket PP Batam - Tanjung Pinang sudah gue booking untuk enam orang. Dan beruntungnya lagi, kalo kita beli 5 tiket PP akan gratis 1. Lumayankan, bayar 5 tiket untuk enam orang. #AlhamdulilahYah


KEGALAUAN itupun semakin memuncak dan membara ketika malam H -1. Dimana, regu kami harus ada penambahan satu orang lagi... *ekspresi terkejut ala sinetron dangdut*

Lho, kok bisa ?! Iya, mau tidak mau harus mau ada penambahan satu orang. Adiknya teman gue mendadak ikut karena hari sabtu dia mendadak libur sekolah. Lagian kasian kalo adiknya teman gue nggak ikut Tour De Benan III, dia akan merenung nasib sendirian dirumah. Hiks... *Plak... dijitak kakaknya*

Eng... Ing... Eng. Jadi regu kami berjumlah tujuh orang. Sedangkan penambahan satu orang lagi belum dikonfirmasi ke penyelenggara dan tiket PP Batam - Tanjung Pinang belum beli untuk satu orang lagi.
 
Kepo punya kepo, akhirnya gue and the genkz "GALAU" berangkat dengan jumlah personil tujuh orang. Uhuk...

Malam H -1, gue sibuk booking penambahan satu tiket PP Batam - Tanjung Pinang dan teman gue yang lain sibuk minta jatah satu lagi ke penyelenggara Tour De Benan III. Dan ternyata bisa SODARA-SODARA !!!

End... 
*untuk masalah penambahan tiket dan jatah penambahan satu orang, SELESAI.*

Provinsi tempat gue tinggal ini terdapat banyak pulau. Ya iyalah, namanya juga Provinsi Kepulauan Riau. Uhuk...

Liburan ke pulau Benan ini adalah liburan kedua gue berlibur ke pulau di Tahun 2011 ini. Sebelumnya, pernah main ke Pulau Abang.  

Jadi, sistem paket liburan ke Pulau Benan ini, kita akan menginap dirumah penduduk. Paket liburan yang tergolong baru di Provinsi gue. Dan harga tournya juga tidak terlalu mahal, cuma Rp.200.000 untuk 2 hari 1 malam. 

*itu semua sudah temasuk: penginapan, makan, PP Tanjung Pinang - Benan dan permainan olahraga air dari pihak penyelenggara*

Rombongan Tour De Benan III kebanyakan yang ikut Mahasiswa/i dan hanya gue and the genkz "GALAU" dan beberapa rombongan yang karyawan/i. *kecuali adiknya teman gue yang masih sekolah SMP* -___-"

Karena gue and the genkz "GALAU" rombongan turis dari BATAM. Jadi, kami harus ke Tanjung Pinang Dulu untuk transit. Karena para rombongan Tour De Benan III dikumpulkan di pelabuhan Tanjung Pinang oleh Penyelenggara Tour De Benan III.
 

Regu kami beranggotakan 3 laki-laki (brondong) dan 4 wanita. Jadi, pada saat penjatahan penginapan oleh penyelenggara Tour De Benan III. Otomatis kita dipisah dong... *secara bukan muhrim mereka*. :-p

Gue dapat nomor home stay 05 dan nama pemilik rumahnya Bapak Aisah Putra


Perjalanan ke pulau Benan dari Tanjung Pinang memakan waktu satu setengah jam naik speed boat.

Di Pulau Benan, kami para rombongan Tour De Benan III disambut oleh masyarakat setempat. Ada qasidahan dan penanaman pohon kelapa sebelum acara dimulai.

Penanaman Pohon Kelapa
*Poto diperagakan oleh model*

Para rombongan Tour De Benan III disambut oleh masyarakat setempat
*foto diperagakan oleh model lagi*

Setelah tanam-menanam dan kompang-mengkompang, barulah kita diantarin sampe tepi pantai untuk acara pembukaan dan makan siang.

 Kata sambutan dari dinas pariwisata
Tari persembahan
Teman - Teman mau lihat pantainya... Nih, gue kasih fotonya.



Penjemputan home stay dilakukan setelah acara pembukaan dan makan siang. Jadi, kita dipanggil perkelompok dan nama pemilik rumah dalam waktu bersamaan. Dan diantar oleh home stay masing-masing ke rumah mereka. :-)

Foto bersama keluarga home stay
Keluarga pemilik rumahnya baik banget, waktu kami mau pulang. Gue dan teman-teman yang tidur dirumah bapak dikasih ikan selikur segar yang baru dipancing di laut. :-)

***

 Yang gue lakukan di pulau benan adalah :

1. Snorkeling

Tapi sayang, gue tidak bisa melihat terumbu karang yang unyu munyu karena spot tempat snorkeling kita lagi keruh airnya. :-(



2. Kapal Wisata / Catamaran Boat

Kita cuma naik kapal terus didalam kapal kayu ini ada dua spot untuk melihat terumbu karang yang unyu munyu...

Padahal, di kapal ini kita tidak boleh terjun ke laut pake life jacket. Tapi karena terumbu karang dan air lautnya yang bersih sehingga menggoda iman gue dan teman-teman gue untuk nyemplung ke laut pake life jacket. :-)

*Aksi balas dendam nih, soalnya waktu ikutan snorkeling tidak bisa liat terumbu karang. Dan yang paling nyesek-nya lagi, kenapa pemandu snorkeling trip pertama yang gue ikutin tidak bersnokeling ria di sekitar perairan ini. -____-"*









 

3. Kano

Bermain olahraga air ini gue dan teman gue beberapa kali tenggelam. Dan tenggelam yang terakhir yang paling parah, dimana cuaca lagi hujan dan kano-nya tenggelam ke dasar laut. Mana kaki gue mengambang diatas air alias tidak jejak.

Gue tinggalkan begitu saja kano-nya... Yang gue selamatin cuma dayung-nya dan teman gue yang berusaha membalikkan kano itu untuk mengambang lagi diatas air. :-p




4. Batu Gajah

Sejarah batu gajah ini masih simpang siur kisahnya. Batunya sih emang mirip kayak gajah, yang mana kedua gajah belalainya bersentuhan. Banyak yang bilang, gara2 sepasang gajah tersebut ciuman. Terus dikutuk jadi batuk. Heheheeeee.............

Kalo gue sih nggak ambil pusing entah bagaimana kisahnya. Itu hanya sebatas fenomena alam saja. :-)



5. Menonton Joged Dangkung

Uniknya joged dangkung ini adalah personilnya orang tua semua (mulai dari penyanyi, penari, pemukul gendang dan pemain alat musik lainnya). Acaranya diadakan pada malam hari setelah makan malam.









Mahasiswa/i UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji) berunjuk gigi juga. :-)


Salah satu pertunjukkan dari mahasiswa/i UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Liburan diperkampungan itu menyenangkan, apalagi gue yang lahir dan besar diperkotaan. Sehingga hati ini lebih banyak bersyukur dan tak pantas untuk mengeluh. :-)


Rincian Dana:


1. Harga Tour De Benan III               = Rp.200.000 (sudah termasuk semuanya)
2. Tiket PP Batam - Tanjung Pinang  = Rp.75.000 (beli 5 gratis 1)



BONUS POTO...


Orang Sampan ato Suku Laut
Gue and The Genkz "GALAU"

Gue and The Genkz "GALAU"
NB: Buat teman-teman yang tidak terima dibilang The Genkz "Galau", maapkan saya. #sungkem.

You May Also Like

9 comments

  1. Foto aq lagi naik batu gajah mana man ... ama lagi megang alat snorkel =)) *Gak berani snorkel

    ReplyDelete
  2. sayang Pak Chai ga dateng pas surut,
    kalo dateng pas air lagi surut Pak Chai bisa lihat terumbu karangnya bagus...
    bentar lagi ada penyewaan diving tuh disitu,,
    oh ya pondoknya jg bentar lagi selesai...

    https://www.facebook.com/media/set/?set=a.3572399997141.2165097.1487273697&type=1&l=440bb787b5

    ReplyDelete
  3. Heheheeee..... Belum rejekinya kale yah, melihat terumbu karang yang unyumunyu itu. Kapan nih kita jalan - jalan lagi ke pulau mas gatet ?

    ReplyDelete
  4. tks buat ceritanya..
    ada foto Lili juga ternyata nyeli*jd model yg dikalungin bunga
    hhihihihihi

    ReplyDelete
  5. Heheheee......... Nggak terasa sudah 2 taon yang lalu. :-)

    ReplyDelete
  6. ada lagi tu tour de benan 2014
    20-21 september...
    nah bagi yh mau ikutan silahkan daftar
    http://benanisland.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. kece tempatnya....meski kepri ini identik dengan pulau dan laut..pasti setiap tempat ada yg unik

    ReplyDelete