Bus Kota Batam

by - Friday, December 28, 2012

Sudah hampir 4 tahun gue tidak pernah lagi menaiki Bus Kota Batam dengan rute Sekupang - Batam Centre atau sebaliknya (Batam Centre - Sekupang). Padahal, bus ini dulu sudah 3 tahun menemani gue setiap pergi ke kampus (2005-2008). Semenjak tamat kuliah (2008) dan bekerja di daerah Mukakuning - Batam, gue sudah tidak pernah lagi menaiki Bus Kota Batam. Bukan karena gue nggak mau lagi atau gengsi untuk menaikinya, tapi... Memang rute-nya tidak melewati ke Muka kuning dari Tiban dalam sekali jalan. Kita harus turun di halte Mega Mall - Batam Centre terus ganti bus yang rutenya Batam Centre - Batu Aji.

Cukup murah menaiki Bus Kota Batam, mahasiswa / pelajar dikenakan biaya Rp.1500 (sekali jalan) dan penumpang umum Rp.3000 (sekali jalan). Disekupang dan sekitarnya (via Tiban) adalah daerah yang jarang ada angkot / transportasi umum yang membawa penumpang secara berjamaah. Cuma ada taksi untuk pergi kemana-mana. Ongkosnya pun cukup meguras isi dompet...

Nah, cuma Bus Kota Batam inilah transportasi murah meriah dan mengangkut penumpang secara berjamaah yang ada didaerah Sekupang dan Sekitarnya (via Tiban). Tidak seperti didaerah Batu Aji dan Bengkong yang sangat mudah sekali kita temui angkot / transportasi umum dipinggir jalan dan banyak pilihannya.

Gue sangat bersyukur dan berterima kasih sama pemerintah yang telah memberikan transportasi umum untuk daerah Sekupang dan Sekitarnya (via Tiban).

Sabtu kemaren (22/12/2012), untuk pertama kalinya gue menaiki lagi Bus Kota Batam dari Sekupang ke Tiban setelah vacum selama 4 tahun. Kondisi Busnya mulai tidak sebaik 4 tahun lalu sewaktu gue masih kuliah dulu. Tempat duduk sofanya sudah banyak yang rusak tapi jumlah Bus-nya bertambah banyak. #balance

Dihati gue ada rasa kangen juga untuk menaiki Bus Kota Batam dari Tiban ke Batam Centre. Waktu gue kuliah dulu dari senin - jumat, jam 7 pagi gue sudah standby di Halte Tiban - Bus Kota Batam. Dan gue harus berdesak-desakan bersama penumpang yang lain untuk menuju ke tempat beraktivitas rutinnya kami. Bus Kota Batam memang tidak menurunkan gue sampai didepan gerbang pintu kampus. Jadi, gue harus turun di Halte depan Ikan Daun - Batam Centre dan melanjutkan lagi naik angkot / transportasi umum lainnya ke kampus.  Cukup bayar Rp.1000 ke depan gerbang pintu kampus dari halte ikan daun - Batam Centre...

Jam kuliah gue dulu cukup padat, dari senin - jumat masuk jam delapan pagi dan pulang jam setengah lima sore. Maklum, gue ambil Diploma 3 yang mana kami harus banyak prakteknya daripada teori. Jarang banget yang namanya kuliah mandiri atau dosennya tidak masuk untuk mengajar. Pastinya dunkz, kalo dosen mata kuliahnya tidak masuk pasti ada penggantinya atau diberi tugas ke kami. :-p

Makanya dulu, waktu masa kuliah gue jenis mahasiswa KUPU-KUPU (KUliah - PUlang, KUliah - PUlang) secara on time. #jleb

Alasannya utamanya untuk mengejar Bus Kota Batam yang mana waktu pemberangkatan terakhir rute Batam Centre - Sekupang jam lima sore dari halte Mega Mall - Batam Centre. Sedangkan gue baru keluar dari kampus jam setengah lima. Bisa sih naik taksi langsung ke Tiban, yah tapi itu... Cukup mahal dan jarang taksi yang rute-nya mau ke Tiban dari Batam Centre. *Maklum, namanya juga mahasiswa maunya yang murah meriah*

Mungkin, suatu saat nanti... Gue akan menapak tilas dalam perjalanan kehidupan gue menaiki kembali Bus Kota Batam untuk mengingat masa kuliah dulu. :-)

Bus Kota Batam dengan rute Sekupang - Batam Centre
  NB: Ternyata Ongkosnya tidak berubah dari dulu sampe sekarang. #thumpup

You May Also Like

0 comments