Liburan Ke Pulau Seberang (Pulau Kundur)

by - Monday, July 15, 2013

Sebenarnya, saya liburan ke Pulau Kundur berangkatnya pada waktu akhir bulan Juni 2013 kemaren. Dan baru buat postingannya hari ini... *toyor diri sendiri* | *maapkan saya SODARA-SODARA* | *sungkem*

Pulau kundur letaknya tidak jauh dari Tanjung Balai Karimun. Persisnya bersebelahan dengan Tanjung Balai Karimun, kalo diumpamakan seperti Kota Batam dengan Pulau Bintan. Cukup dengan waktu kurang lebih 20 menitan dari Pelabuhan Rakyat SRI TANJUNG GELAM - Tanjung Balai Karimun kita sudah sampai di pelabuhan Selat Beliah - Pulau Kundur.

Dan Pulau Kundur ukurannya lebih luas daripada Tanjung Balai Karimun. Pusat perekonomian Pulau Kundur tertelak di Tanjung Batu. Dari Pelabuhan Selat Beliah ke Tanjung Batu cukup jauh jaraknya, kira - kira memakan waktu satu jam menaiki sepeda motor.

Pulau Kundur ini, terdapat banyak kebun durian, rambutan dan nanas. Ada juga kebun pohon karet dan perusahaan tambang timah.

Kemaren, saya sempat berkunjung ke kawasan Perusahaan Timah-nya. Kalo saya mendengar tentang Perusahaan Timah, otak saya langsung teringat dengan buku Laskar Pelangi. Yang tergambar dikepala saya adalah rumah gedongnya.

Ternyata benar, sesuai yang dituliskan Andrea Hirata di buku Laskar Pelangi. Kawasan perumahan pegawai di Perusahaan Timah itu lebih mewah dari pada rumah rakyat biasa. Dan kawasan perumahannya dilengkapi dengan fasilitas umum seperti Masjid, Halte, Lapangan Tenis, Lapangan Latihan Tembak, Rumah Sakit, Sekolah dan Kolam Renang. Walaupun fasilitas umumnya sekarang ada yang tidak berfungsi dengan baik lagi, tapi saya bisa membayangkan betapa mereka dulu pegawai di Perusahaan Timah hidup sangat makmur.

Dan di Pulau Kundur banyak terdapat danau buatan atau kubangan bekas dari Tambang Timah.

Disepanjang perjalanan dari Selat Beliah ke Tanjung Batu, kita disuguhkan pemandangan kebun Rambutan, durian dan pohon karet.

Walaupun secara ukuran Pulau Kundur ini lebih luas daripada Tanjung Balai Karimun. Tapi penduduknya lebih sedikit dan perekonomiannya masih terbelakang dari Tanjung Balai Karimun.

Tempat - Tempat Wisata yang saya kunjungi Di Pulau Kundur adalah...

1. Kolam Bebek

Kolam bebek ini letaknya lebih dekat dari Selat Beliah, dan kolam ini bekas dari penambangan timah. Tapi airnya jernih dan tidak kotor. Disini juga terdapat pondok2 ditepi kolam dan permainan Bebek-Bebek-an. Sewa Bebek-Bebek-annya perjam cuma Rp. 15000. 

Waktu saya kesana, ada segerombolan anak2 sekolah menengah pertama yang lagi liburan dan mereka menyewa bus kayu.






 
*Poto Model diatas bukan salah satu dari segerombolan anak2 sekolah menengah pertama yang lagi liburan itu lho... #ciyus*

Karena saya pecinta Pantai, jadi wajib dong maen ke pantai Pulau Kundur...

2. Pantai Timun

Dipantai ini tidak ada yang spesial, pemandangannya pun biasa - biasa aja. Pantai Timun memiliki pasir pantai yang berwarna kekuning-kuningan... Dan air lautnya agak keruh. Waktu saya ke sini lagi musim kabut asap, jadi memperkeruh pemandangan pantainya. -_____-"

Pantai Timun - Pulau Kundur

3. Pantai Lubuk

Pantai lubuk ini jaraknya lebih dekat dari Tanjung Batu dari pada Selat Beliah. Dan dipantai ini, terdapat sekumpulan bongkahan batu seperti pantai di Trikora - Tanjung Pinang. Tapi air lautnya keruh tidak bersih...





Dan kalian mau tahu suasana Tanjung Batu itu seperti apa....
Nih, poto-potonya...






Saya ke Pulau Kundur cuma balek hari, dari pagi berangkat dari Pelabuhan Rakyat SRI TANJUNG GELAM ke Selat Beliah. Dan pulangnya sore hari dari Tanjung Batu ke Pelabuhan Rakyat SRI TANJUNG GELAM.

Berangkat naik kapal Terra Joan, ongkos Rp.20.000/orang. Perjalanan dari Tanjung Balai Karimun ke Selat Beliah cuma memakan waktu 20 menitan.


Dan pulang naik kapal kayu ini, ongkos Rp.40.000/orang. Perjalanan dari Tanjung Batu ke Tanjung Balai Karimun hampir satu jam.






Saya juga sempat mencicipi kuliner disana yaitu Soto Ayam yang sudah familiar bagi warga sana... Rumah makannya lumayan jauh, berada dipertengahan antara Tanjung Batu dan Selat Beliah.

Soto Ayam. Harga Rp.10.000/porsi

Apakah chai readers ada yang tertarik liburan ke Pulau Kundur ???



You May Also Like

3 comments

  1. Saya pernah kesitu tahun 2012 . . . Walaupun mungkin tidak ada yg special di kundur, tapi entah mengapa saya ingin kembali ke sana.

    ReplyDelete
  2. pantainya terlihat biasa saja ya, cuma meskipun begitu kita masih bisa menikmati keindahan pantainya..

    ReplyDelete