Menjadi Pemandu Wisata

by - Friday, September 20, 2013

Alhamdulilah, sudah dua kali saya menjadi pemandu wisata buat kalangan teman2 terdekat saya. Dan hati ini jauh lebih sumringah ketika teman2 terdekat saya merasa puas ketika saya mengajak mereka mengunjungi ke tempat-tempat wisata di Tanjung Balai Karimun. Walaupun disini (Tanjung Balai Karimun) tidak memiliki pemandangan yang spektakuler, tapi senang aja buat saya bisa menunjukkan tempat2 wisata yang wajib untuk dikunjungi bila datang ke Tanjung Balai Karimun.

Waktu pertama kali saya menjadi pemandu wisata buat teman2 terdekat saya. Mereka datang berjumlah 3 orang, sedangkan untuk sarana transportasi saya belum bisa mengusahain dalam penyewaan kendaraan beroda dua atau empat. Karena masih belum punya kenalan teman2 disini untuk informasi penyewaan kendaraan bermotor. Jadi, saya tidak maksimal mengajak mereka mengelilingi pulau Tanjung Balai Karimun. Cuma bisa berkunjung disekitaran Coastal Area. Tapi lumayan, saya juga terhibur dengan keberadaan mereka kesini. :-)

Nah, kesempatan kedua menjadi pemandu wisata buat teman terdekat saya yang satu ini hati lebih poll-pollan leganya. Karena dia cuma datang seorang diri, jadi saya bisa mengajak dia mengeksplor daerah wisata di Tanjung Balai Karimun bersama si butut. Alhamdulilah, si butut pun tidak rewel waktu teman saya ini yang datang. *Etapi, setelah teman saya pulang dari Tanjung Balai karimun si butut mulai sakit2an* #puk2insibutut

Dari kedua trip yang saya buat untuk teman2 terdekat saya datang kesini... Saya jadi memiliki cerita tersendiri saat berjalan bersama mereka. Kan lumayan buat nambah pengalaman hidup dan cerita ke anak cucu nanti. :-)

Baiklah, karena si chai ini orangnya ganteng, soleh, baik hati dan tidak sombong. Jadi dipostingan kali ini saya akan membahas tempat2 wisata yang ada di Tanjung Balai Karimun. Siapa tahu dari sekian juta Chai Readers ada yang tertarik untuk berkunjung kesini. B-) #cekidot

1. Wisata Kuliner

Karena disini penduduk aslinya suku melayu, jadi untuk kulinernya kebanyakan masakan khas melayu. Ada roti prata, roti canai, nasi lemak, sup ikan, mie lendir, mie siam, teh tarik, roti tissu, lendot, seafood, ikan asam pedas dan masih banyak lagi. Waktu teman2 terdekat saya datang kesini, saya beliin mereka sarapan nasi lemak.
Mie Siam Rp.7000/bungkus
Nasi Lemak Rp.7000/bungkus
Rasanya sedap...
Mie Lendir
Roti Tissu
Teman saya ada yang ketagihan makan ini...
Sop ikan tenggiri
**Bonus poto es buah
Kalo makan roti tissu, roti prata, tom yam dan teh tarik yang enak. Saya tahu tempatnya dimana... Dan banyak juga orang makan disana, tempatnya disekitaran Sei Raya - Meral (sebelum mau ke pelabuhan Roro dari arah baran)

2. Wisata Alam

Disini cuma ada 2 pantai, yaitu pantai pelawan dan pantai pongkar.

Pantai pelawan
Pantai Pongkar
Didaerah pongkar ada dam pongkar dan air terjun gunung jantan...

Dam pongkar
Air terjun gunung jantan
Kata masyarakat disini bukan air terjun tapi air meleleh... Karena air terjun-nya tidak tinggi.

3. Wisata Religi

Disini ada 2 bangunan masjid yang megah, yaitu Masjid Agung Karimun dan Masjid Baiturahman.

Masjid Agung Karimun
Masjid Agung Karimun
Kubah didalam Masjid Agung Karimun
Dan yang lebih uniknya lagi, Masjid Agung Karimun didalamnya tidak ada ornamen kaligrafi islam...

Masjid Baiturahman




Dari kedua Masjid diatas, saya lebih suka Masjid Baiturahman. Karena desain Masjidnya kece dan berada diatas bukit.

4. Wisata Monumen / Gedung

Pemerintah daerah disini membuat fasilitas umum berupa panggung rakyat atau alun-alun kota sebagai pusat hiburan warga setempat. Namanya adalah Coastal Area...

Coastal Area adalah tempat rekreasi keluarga yang banyak terdapat hiburan / permainan buat keluarga. Sekarang sudah banyak permainan mobil2an / motor2an listrik kecil yang disewakan buat anak-anak dan becak keluarga.






Permainan buat keluarga dan jualan makanan di Coastal Area buka pada sore sampai malam hari...

Becak keluarga
Coastal Area suka kedatangan artis group band Indonesia juga lho.... Dan event2 tahun daerah juga diadakan disini.

Kalo soal oleh2, kalian bisa beli aneka kerupuk ikan atau udang... Karena disini terkenal dengan kerupuknya. Atau Mie sagu dan kacang kuda.

Kerupuk Udang dan Mie Sagu
Dan kalian juga bisa beli gantungan kunci bus kayu buat oleh2...

Gantungan Kunci Bus Kayu

Nah, Setelah saya ulas tempat wisata di Tanjung Balai Karimun. Apakah Chai Readers ada yang tertarik untuk liburan ke Tanjung Balai Karimun... :-D

*** Untuk gantungan kunci bus kayu bisa pesan sama saya langsung, caranya tinggal mention ke @chai_loekman.

You May Also Like

10 comments

  1. itu gantungannya bis nya berapaan ya?

    ReplyDelete
  2. Mas nanya dong :) pantai pongkar nya jauh ngk ya dari stasiun? Kira2 brapa lama menuju pongkar dari stasiun mas :)
    Kamsiahmida :)

    ReplyDelete
  3. Hi bg Chai.. #KedipKedipUnyu

    Adek jadi kangen sama Mesjid Baiturrahman, kapan kita kesitu lagi bang??

    ReplyDelete
  4. Mau nanya mas. Kalo selama liburan disana kira2 transportasi yg bisa disewa apa ya enaknya. Rencana tgl 8 mau liburan kesana mengenang tempat lagir n masa kecil di balai

    ReplyDelete
  5. dduuhhh sampai saat ini belum kesampai ke karimun....hedewwww

    ReplyDelete
  6. misi, bisa minta cp rental motor gak ya? rencana mau numpang poto2 di tj balai

    ReplyDelete