Tour ke Pulau Abang

by - Tuesday, May 12, 2015

Tanpa disengaja saya menjadi Tour Guide dadakan ke Pulau Abang. Padahal, saya cuma baru sekali pergi ke Pulau Abang. Itupun, ikut open trip juga dari teman dan perginya sudah beberapa tahun yang silam. Jadi, saya sudah lupa dong jalan masuk mau ke dermaga di jembatan 6 - Pulau Galang. Soalnya, dermaganya tidak ada plang / tanda masuk dari tepi jalan. Otomatis nyasar lah saya membawa rombongan itu... Mana disorakin lagi didalam minivan karena kita putar balik dan mencari-cari jalan ke dermaganya. Pokoknya kelihatan banget deh kalo saya tidak tahu jalan masuknya.  -_____________-" *akh, akuh malu*

Teman saya yang buat open trip tour ke Pulau Abang ini lagi diluar Batam dan memberi info jalan masuk ke dermaganya salah. Kata dia, setelah jembatan 6 nanti ketemu tower yang pertama sebelah kiri langsung belok ke kanan karena disitu ada jalan masuk tidak beraspal. Benar sih sebelum tower pertama ada jalan masuk tidak beraspal yang dimaksud, tapi kenyataannya berkata lain. Itu bukan menuju ke dermaganya melainkan ke tempat kandang ayam SODARA - SODARI KU SEBANGSA DAN SETANAH AIR... #yasalam *Toyorin si choty*

Jalan yang benar itu adalah kita masih jalan terus melewati tower yang pertama sebelah kiri yang teman saya bilang itu. Setelah ketemu tower kembar sebelah kanan dan disebelahnya ada kelenteng, nah disitu ada jalan masuk ke dermaganya. Kita melewati kebun pohon mangga...

Rombongan saya ada 13 orang, tambah supir dan saya menjadi 15 orang. Kapal dari dermaga jembatan 6 - Pulau Galang berangkat jam 9 pagi ke Pulau Abang. Tuh kapal cuma sekali angkut penumpang ke Pulau Abangnya, nanti pulang dari Pulau Abangnya juga sekali angkut dengan beberapa rombongan tour yang lain. 

Setelah sampe didermaganya, rombongan tour saya yang paling telat datangnya karena drama "Nyasar jalan" tadi. #maap

Lama perjalanan dari Dermaga Pulau Galang ke Pulau Abang kira-kira 1 jam.

Setelah sampe di dermaga Pulau Abang, kita disambut sama bang ledi yang sebagai pengelolah pariwisata bahari dipulau Abang. Ada 3 rombongan tour ternyata hari itu... Leader tour langsung masuk ke kantor bang ledi untuk menyelesaikan administrasi. Setelah masalah administrasinya kelar, baru kita bisa ikut tour yang telah kita pilih paketannya. Tour Pulau Abang ini sekarang sudah dikomersilin sama dinas pariwisata kota Batam. Jadi sekarang sudah banyak pilihan paket tour mau snorkeling ke pulau mana aja yang terdekat dengan Pulau Abang.

Setiap pulau beda tarifnya...

Tour teman saya ini sebenarnya ambil ke Pulau Dedap dan Pulau Hantu karena disitu spot terumbu karangnya yang paling kece. Karena rombongan saya masih ada waktu untuk tour ke satu Pulau lagi, kami mendapatkan bonus satu Pulau yaitu Ke Pulau Rano, dan terumbu karangnya juga kece....

Pemandangan dari atas kapal menuju ke Pulau Abang

Pemandangan dari atas kapal menuju ke Pulau Abang

Pulau Abang

Pulau Abang

Dermaga Pulau Abang disambut sama bang ledi.
*Bang ledi yang pake kacamata hitam*

Trip saya yang pertama ke Pulau Dedap...

Alhamdulilah kemaren cuaca cerah dan air lautnya jernih.

Pantai Pulau Dedap

Pantai Pulau Dedap

Pantai Pulau Dedap yang diperagakan oleh model

Setelah rombongan puas bermain di Pulau Dedap, maka tour selanjutnya ke Pulau Hantu. Nah, disini spot snorkeling yang paling bagus dan kece.... Alhamdulilah, kemaren cuaca cerah dan ombaknya tidak terlalu kuat. :-)

Nih, saya kasih videonya.



Gimana, bagus kan terumbu karangnya menteman ?!. B-)

Setelah puas bersnorkeling ria di Pulau Hantu, kami kembali ke Pulau Abang untuk makan siang. Tour teman saya ini sudah termasuk akomodasi, peralatan snorkeling, sarapan dan makan siang.

Makan siangnya kita diajak bang ledi makan dirumah penduduk, masakannya sedap.


Menu makan siangnya. #mantap
  
Pemandangan dari pulau abang...



Setelah perut kenyang, kami lanjutkan perjalanan ke Pulau Rano.

Pantai Pulau Rano



Kapal yang kami tumpangi untuk trip.
Mau lihat keindahan terumbu karang di Pulau Rano ?!

Nih saya kasih linknya...



Tournya berakhir jam 4 sore... Setelah itu kami pulang ke Pulau Abang untuk bilas dan bersiap-siap pulang ke dermaga Pulau Galang.

Setelah lihat pemandangan diatas, ada yang tertarik untuk ikut open trip tour ke Pulau Abang selanjutnya ?!

You May Also Like

11 comments

  1. Lumayan bagus juga ya Luk. Makin tambah mupeng pengen snorkeling. Kali-kali ke laut mainnya nggak ke gunung terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wouw... Dikunjungi sama seniorita. Makasih yah kak lin sudah mampir disini, sering2 Aja maen kesini biar page viewer ane bertambah buanyak. :-D

      Delete
  2. Wah, jd tergiur nih ke pulau abang
    Trip selanjutnya kapan gan?
    Harga paketan tournya berapa ya?
    Thx in advance

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum..
    Salam kenal yah..

    Info in Budget nya dunk ke Pulau Abang.. kyk artikel lainnya..
    Matatih ya...

    ReplyDelete
  4. Wow, kerennnnn kerennnnn........cussssssss ke pulau abang.......

    ReplyDelete
  5. Bisa minta no telp yg bisa dihubungi ga ? Pen ikut juga soalnya , tq

    ReplyDelete
  6. open trip lagi donk kakakk, rencanya minggu ini saya akan mengunjungi batam sampai tanggal 2 juni 2015,pliz infonya..

    ReplyDelete
  7. keren banget lho pulau abang tuk snorkeling nya ... mantap

    ReplyDelete
  8. Aku tahun 2009 pernah ke Pulau Abang, tapi buat mancing bukan snorkeling, huehehehe.. Besok-besok pengen kesana ah, pengen snorkeling...

    ReplyDelete
  9. aslmkm mas , mau tanya biaya nya dari dermaga galang ke p.abang itu berapa..? dan lanjut ke pulau2 berikutnya kalo kita dateng sendiri tanpa ikut tour.., makasih

    ReplyDelete
  10. pantai pulau dedap indah banget ya, langitnya begitu biru dengan di hiasi awan dan air lautnya jernih sekali..

    ReplyDelete