Alhamdulilah

by - Saturday, March 08, 2014

Alhamdulilah, pekerjaan saya akhirnya selese juga...

Sebenarnya, masalahnya simple dan saya sudah pernah tangani sendiri sebelumnya waktu bekerja diperusahaan yang dulu. Tapi, karena saya merasa masih menjadi karyawan baru dan sedikit agak panik. Jadi, otak ini sedikit blank dan tidak pede aja apa yang akan saya lakukan. -___-"

Kasusnya adalah ada salah satu karyawan diperusahaan tempat saya bekerja saat ini yang kinerja laptopnya menjadi lambat. Dan doi mendianogsis bahwa laptopnya kena virus, karena kalo doi buka program apa aja dilaptopnya menjadi super duper lambat. Doi minta laptopnya direstore aja...

Data sudah saya pindahkan ke localdisk D sebagai backup-annya, dan kalo localdisk C yang terformat jadi tidak masalah karena data sudah dibackup di localdisk D. Nah, waktu selese restore laptopnya si doi ternyata localdisk D-nya menyatu ke localdisk C secara otomatis. Nah lho, kan tadi pas proses restore-nya semua data diformat dan tergabunglah si C sama D menjadi satu partisi aja. 

Saya sempat kaget dan keringat dingin.... Aimak, data backup-annya di D hilang semua tanpa sisa. Hiks... T______T #dagdigdug

Waktu itu saya ingat, bahwa kasus seperti ini sudah pernah saya tangani dan mendokumentasikannya ke blog ini. *alhamdulilah, ternyata blog ini ada gunanya juga buat saya sendiri*

Waktu itu saya menulis postingannya disini. Dapat sih software yang dimaksud, tapi yang saya download itu versi terbarunya. Dan saya belum menemukan license code-nya, sehingga data yang bisa diselamatkan cuma bisa 2 GB aja sedangkan data backup-an doi mencapai 67 GB. *alamak jang*

Sudah menunggu proses pemunculan datanya berjam-jam tapi hasilnya cuma dapat 2 GB yang bisa diselamatkan. Ketar - Ketir lah hati ini, gimana nih.... Browsing sana sini belum juga ketemu license code-nya. Dapat sih software yang namanya sama plus dengan cracknya tapi versinya dibawah beberapa versi terbaru yang saya download tadi.

Saya masih keras kepala untuk tidak memakai software yang namanya sama plus dengan cracknya  yang saya temukan tadi. Karena data backupnya sudah muncul, kalo memulai dari awal memakan waktu berjam-jam lagi. Saya masih gigih mencari lecense code-nya di Internet. Tapi tetap nggak ada hasil.... Sedangkan waktu semakin senja. #jleb

Akhirnya saya menyerah, dan mencoba uninstall software yang versi terbaru itu dengan menginstall versi yang dibawahnya karena saya punya cracknya. Sampe saya bawa pulang laptop si doi karena tidak sempat selese waktu dikantor tadi. Dilanjutkan dirumahpun hasilnya adalah................ NIHIL, setelah muncul hardisk yang direcovery tadi. Ternyata datanya tidak ada. -_____-" 

Saya sudah putus asa dan banyak2 berdoa kepada ALLAH supaya datanya bisa diselamatkan lagi... Saya mencoba sekali lagi menjalankan softwarenya mulai dari awal. Siapa tahu yang kedua kali ini datanya ada dan bisa di copy. Yah, resikonya saya harus menunggu berjam-jam lagi SODARA-SODARA... Hati makin dagdigdug gimana hasilnya kalo NIHIL lagi. Selama softwarenya bekerja mencari data-data yang terformat tadi, mulut saya tidak henti2nya berdoa dan berdzikir. *begini nih manusia yang tengil, kalo lagi ada masalah aja baru deh ketar ketir mendadak alim. #toyor*

Dan hasil akhirnya adalah................ ALHAMDULILAH, data backup-annya ada semua dan muncul. #sujudsyukur

Ternyata yang saya coba pertama kali itu ada centangan perintah yang tidak saya centang, jadi datanya tidak terbaca. #apeu

Syukurlah kalo begitu. Btw, kalo teman2 mengalami kasus seperti saya ini. Jangan langsung panik dan putus asa, karena sekarang sudah banyak software yang bisa me-recovery data yang telah terformat atau terhapus walaupun partisi hardisknya sudah hilang seperti kasus saya diatas.

Dan nama software-nya itu adalah "EASEUS Data Recovery", yang saya pake dan punya cracknya "EASEUS Data Recovery Wizard Professional versi 5.8.5".

Tips untuk backup data :

"jangan backup disatu tempat aja, sebaiknya kita harus backup data di external hardisk juga. Kalo ada masalah ato terjadi sesuatu dikemudian hari kita nggak bakalan ketar ketir untuk mencari data yang telah hilang"      

You May Also Like

0 comments