Menjalin Pertemanan didunia International

by - Wednesday, June 15, 2016

Asssalamu'alaikum Chai-Readers... #MenyapaEdisiRamadhan #benerinpeci

Narasumber saya yang ke empat untuk edisi bulan Juni ini temannya banyak banget. Kalo saya ketemu dalam acara gathering atau kumpul bareng dengan doi pasti bawa teman dari negeri antah barantah. Kemaren bawa teman dari negeri api, eh besok sudah dari negeri angin. Saya pun bingung, ini orang kok menjalin pertemanannya sangat luas dan go international. :-)

*Kalo diajang pemilihan ratu sejagat doi mah bisa dinobatkan sebagai ratu pertemanan*

Sebelum saya memperkenalkan narasumber-nya lebih dalam. Adakah pembaca blog saya pernah mendengar yang namanya Couchsurfing ?!. Oke, kalo yang belum tahu sama sekali saya akan jelaskan sedikit gambaran tentang Couchsurfing itu seperti apa. Jadi, kalo kamu ada rencana mau jalan-jalan ke negeri paman sam cuma sendirian. Dan itu perjalanan pertama kalinya kamu kesana, apalagi perjalanan kamu itu minim budget secara mau menginap dihotel atau hostel disana budget kamu tidak mencukupi.

Nah, kamu bisa menggunakan jasa Couchsurfing. Dengan Couchsurfing inilah kamu bisa menjalin pertemanan dengan warga lokal yang ingin kamu kunjungi kota atau negaranya. Jadi, kamu bisa menginap dirumahnya selama kamu mengunjungi kota atau negaranya. 

Jujur, saya belum pernah menggunakan jasa Couchsurfing sama sekali. Tapi, mendengarkan cerita dari teman-teman yang menggunakan jasa Couchsurfing seru juga. Kita tinggal bersama warga lokal, bahkan dia bisa menjadi teman seperjalanan kita mendatangi tempat-tempat yang menarik disekitaran kota atau negaranya. 

Kembali cerita ke narasumber saya, kalo Couchsurfing untuk dikota Batam doi mah sudah terkenal banget  namanya dijagat dunia maya. Komentar-komentar positip yang dituliskan oleh para tamunya yang pernah dia nge-host-in (menjadi tuan rumah) membanjiri di account Couchsurfing-nya. 

Dan narasumber saya adalah Ahmadi Sultan atau sering saya memanggilnya Bang Uma. 

Mau kenalan lebih dalam sama Bang Uma ?! 

Disimak yah, wawancara saya dengan Bang Uma mengenai Couchsurfing dipostingan ini...       

- Halo Bang Uma... Silahkan memperkenalkan diri dulu ?

Kalau memperkenalkan diri, saya itu rasanya malu. Tapi demi memenuhi jawaban, saya jawab saja. Saya jurnalis yang menyukai traveling, backpacking, menyukai sejarah, budaya, dan geografi. Hal-hal yang saya sukai ini saling berhubungan. Saat ini bekerja di salah satu perusahaan media online di Batam, batampos.co.id, setiap hari (kecuali minggu), kesibukan saya mengelola media online tersebut. Di luar itu, saat ini tengah sibuk membangun blog pribadi untuk menampung cerita-cerita tentang perjalanan dan petualangan saya ke beberapa negara di Asia, Timur Tengah, dan Eropa. Saya juga member Couchsurfing Batam.

Oh ya, informasi tambahan, saya berasal dari Sulawesi-Selatan, lulusan Universitas Hasanuddin. Saya asli Bugis yang merantau ke Batam.


- Jelasin sedikit dong couchsurfing itu apa ? Supaya pembaca blog saya tahu juga...

CouchSurfing itu situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau jaringan silaturahmi antar penggemar traveller atau backpacker di seluruh dunia. Melalui hospitality exchange ini kita bisa tinggal di rumah-rumah warga lokal di suatu kota di seluruh dunia secara gratis. Kita bisa menjalin silaturahmi, berteman, bahkan ada yang hingga berjodoh. Di Batam, banyak anggota Couchsurfing, saya salah satu most active member, jadi banyak menerima tamu.

- Sejak kapan bang uma bergabung dicouchsurfing dan kenapa alasannya ?

Saya mendaftar sebagai anggota Couchsurfing sejak tahun 2010. Awalnya karena tidak sengaja. Saat itu seorang narasumber yang ternyata anggota Couchsurfing (malah admin CS Batam), meminta kegiatannya sebagai anggota CS (Couchsurfing) dipublikasi. Dari situlah saya diberitahu tentang CS dan saya tertarik. Tapi saat itu saya belum aktif. Setahun kemudian, tepatnya tahun 2011, barulah saya mulai aktif menerima tamu. Di CS, tamu itu disebut surfer atau guest, kalau tuan rumah namanya host.

Saya menyukai CS karena bisa bertemu dengan berbagai orang dari berbagai negara, berbagi cerita, pengalaman, bahkan bisa menjadi teman akrab.

- Sudah nge-host-in atau menjadi tuan rumah tamu dari mana aja ?

Tamu yang sudah saya hosted terbilang banyak. Asal negaranya banyak dan beragam. Mulai dari negara tetangga Singapura dan Malaysia, Vietnam, Phipippine, India, China, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Inggris, Italia, Jerman, Rusia, Polandia, Spanyol, Belgia, Belanda, Swiss, Hungaria, Austria, Serbia, Chile, dan Meksiko. Itu yang saya ingat. Hehehehe...

Kalau dari Indonesia, dari Kalimantan Timur, Jawa, Papua. Gak banyak orang Indonesia :-)

Kalau ditotal sudah hampir seratus mungkin. Data di akun saya, yang meninggalkan references atau testimoni ada 60-an. Sisanya ada banyak yang tak meninggalkan testimoni.

- Sudah pernah menjadi tamu dimana aja ?

Jadi surfer atau guest, hanya ketika traveling ke eropa saya banyak memanfaatkan CS. Saya tinggal di rumah teman CS di Belanda, Belgia, Jerman, dan Perancis. Lainnya, pernah di Singapura Vietnam, dan Iran.

- Ceritakan pengalaman yang berkesan selama jadi tuan rumah maupun tamu ?

Pengalaman yang berkesan. Semuanya. Karena masing-masing tamu dan tuan rumah punya kesan yang berbeda. Mungkin yang paling berkesan saat di Iran. Tuan rumah sangat ramah, berbagi makanan, bahkan memberikan uang untuk ongkos bus. Hahaha, bongkar rahasia..! Tapi terkadang hal sama saya juga lakukan saat punya tamu di Batam.

- Pernah ada drama diantara kalian ? *Duh, pertanyaannya chai... -___-"*

Sejauh ini semuanya baik-baik saja, karena orang-orang CS biasanya easy going, jadi sangat-sangat jarang drama. Apalagi saya ya, orangnya bukan drama queen. hahahaha


*Syukur deh, nggak ada drama-drama pertemanan kayak digroup WA yang disebelah, sebelah, dan disebelahnya lagi*

- Kalo jadi tuan rumah (host), tamunya diajakin kemana aja selama dibatam ?

Orang-orang CS itu biasanya menghindari tempat-tempat yang touristic karena ingin merasakan satu tempat seperti orang lokal. Jadi tidak banyak tuntutan harus ke tempat ini atau tempat itu. Tapi biasanya atas insiatif saya saja, saya bawa ke pantai, jembatan barelang, atau nagoya, bahkan sering ke kantor saya juga. Kalau lagi ada event atau kegiatan bersama teman-teman di Batam, saya ajak juga. Misalnya island hop atau snorkeling.

- Apakah pertemanan kalian semakin erat setelah dikunjungi dan mengunjungi ? 

Orang-orang Couchsurfing ini sangat beragam tujuannya menjadi anggota. Jadi ya tergantung tujuan. Ada yang hanya mencari tempat menginap atau akomodasi di satu tempat yang dikunjungi setelah itu yaaaa bye-bye. Tetapi ada juga yang benar-benar silaturahmi. Ada beberapa yang kemudian menjadi teman akrab.

- Kasih tips memilih tuan rumah atau host di couchsurfing untuk pembaca blog saya, bang uma ?

Untuk memilih tuan rumah (host) di satu kota atau negara, perhatikan references yang ditinggalkan anggota CS yang pernah hosted. Di situ kita bisa membaca kesan yang tertinggal, apakah positif, netral atau negatif. Kebanyakan sih positif-positif saja. Jadi pilih yang sudah banyak mendapat testimoni yang positif. Kemudian baca dan perhatikan baik profil calon tuan rumah. Karena di akun masing-masing terulis lengkap mengenai siapa anggota CS ini. Dengan melihat profilnya kita bisa mengetahui kecocokan masing-masing.

***

Poto-poto Bang Uma sama teman-teman Couchsurfing dari belahan dunia...

Anita and Cyrill Bachman
Bareng CS dari Scotlandia dan Australia
Bareng CS dari Scotlandia dan Australia


Wayne dari Kanada (Paling kiri yang berdiri)

Oiya, Bang Uma juga memiliki blog yaitu http://jokka2traveller.com. Saya suka banget dengan cerita perjalanan Bang Uma di Turki. Jadi pengen ke Turki dan menginap dirumah warga lokal biar merasakan budaya dan kearifan lokal disana...

Dan kalo kamu mau menjalin pertemanan juga melalui Couchsurfing silahkan ke websitenya https://www.couchsurfing.com/.

Sampai jumpa dipostingan interview saya selanjutnya... #wasalam #pamit

*mau baca narasumber yang lainnya, silahkan klik disini*

You May Also Like

5 comments

  1. Jadi inget si Wayne... Selama di Batam dia diajakin piknik dari hotel ke hotel. Mulai dari SBHB, da Vienna, trus duo Harris :D

    Seru juga ya CS itu :)

    ReplyDelete
  2. Aku udah join di couchsurfing tapi belum berani nginap, ada perasaan khawatir. Mungkin suatu saat, saya pasti akan coba

    ReplyDelete
  3. gak pede join..gak paham bhasa asing :(

    ReplyDelete
  4. menjalin pertemanan dari berbagai belahan dunia memang seru sekali ya, setiap pergi ke negara manapun pasti ada teman yang nyambut, cuma harus pandai-pandai berbahasa asing biar bisa berkomunikasi, beda lagi ceritanya kalau tidak pandai berbahasa asing seperti saya.. hehe

    ReplyDelete