Makanan Sehat dan Cerdas di Sandoro Seafood

by - Wednesday, January 04, 2017

Selamat Tahun Baru... #Telolet 

Saya penyuka makanan Ikan air laut. Hampir setiap hari ibu saya memasak untuk lauk dirumah dengan menu Ikan air laut. Apakah itu ikannya cuma digoreng, dimasak asam pedas atau dimasak yang lain. Pokoknya, saya sudah kebiasan dari kecil sampai sekarang makan dengan lauk Ikan air laut.

Saya tidak begitu suka dengan Ikan air tawar seperti Ikan Mujair. Karena beberapa kali saya makan rasa dagingnya bau lumpur. Cuma Ikan Lele aja yang saya suka memakannya. Dulu mah geli banget lihat ikan lele, apalagi untuk memakannya. Ternyata rasa daging Ikan Lele begitu enak dan membuat saya ketagihan untuk menyantapnya. Dan Ikan air laut yang saya kurang suka yaitu Ikan Tongkol. Yah, kalo tidak ada lauk lain yang harus saya makan tetap saya makan sebagai lauk juga. Heheheheheheeee.....

Kemaren malam (03/01/2017), saya diundang dalam acara pembukaan rumah makan Sandoro Seafood yang berada di Batam Centre. Rumah makan ini memiliki bumbu dan rasa khas tersendiri daripada rumah makan lain yang berada di Kota Batam. Dan menu makanannya berupa Ikan air laut yang masih segar. Jadi pembeli memilih sendiri ikan laut yang masih hidup di aquarium terus ikannya ditimbang.

Ikan air laut yang mereka jual adalah Ikan Kerapu, Ikan Kakap Putih dan Bawal Bintang. Masakan yang mereka sajikan sangat enak dan menyehatkan. Mereka masak tidak menggunakan santan walaupun semalam ada menu rendang ikan fillet. 

Mereka memiliki menu favorit yaitu Steammed Hongkong Sondoro dan Steamed Nyonya Sondoro. Dan saya suka dengan menu Soup Ikan Sondoro-nya, rasanya asem dan segar...

Sop Ikan Sondoro
 Oiya, mereka punya menu Tahu Sondoro yang mana tahunya itu diproduksi sendiri. 

Ternyata nama Sondoro itu berasal dari bahasa Nias yang memiliki arti Pengayom. Jadi Bapak Efendi sebagai pemilik rumah makan ini berteman akrab sama Bapak Bupati Nias (yang dulu pernah menjabat), Bapak Bupati Nias inilah yang memberikan nama Sondoro untuk nama rumah makan Pak Efendi. 

Rumah makan Sondoro Seafood sudah memiliki 3 cabang di Medan, 1 Cabang di Jakarta dan 1 Cabang di Batam. Untuk yang di Batam, bumbu masakannya masih diproduksi di Medan biar cita rasanya tidak berubah. Dan Rumah Makan Sondoro Seafood ini baru dibuka 4 tahun yang lalu untuk pertama kalinya di Medan.

Ikan Fillet Rendang

Tahu Sondoro

Ayam Bumbu Kering

Rumah makan Sondoro Seafood buka jam 10.00 pagi - 15.00 siang dan 18.00 malam - 22.00 malam. Jadi mereka buka dua sesi, pagi dan malam. 



 




Ada beberapa manfaat konsumsi Ikan bagi Kesehatan :

  • Makan Ikan sekali atau dua kali seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung stroke. Menurunkan lemak serta meningkatkan kolesterol baik. Bagi penderita vaskular, omega - 3 dikenal dapat menurunkan Trigliserida darah dan tekanan darah.
  • Orang lansia yang makan Ikan minimal sekali seminggu memiliki resiko lebih rendah terhadap perkembangan Demensia. Termasuk penyakit Alzheimer.
  • Mengkonsumsi Ikan secara teratur dapat meringankan gejala rematik dan penyakit Automun.
  • Mengkonsumsi Ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi resiko melahirkan bayi premature.
  • Orang yang secara teratur mengkonsumsi Ikan memiliki resiko lebih rendah terhadap depresi. Depresi terkait dengan rendahnya tingkat asam lemak Omega - 3 diotak.
  • Ikan kaya lemak Omega - 3 yang dapat berkontribusi untuk kesehatan jaringan otak dan retina mata. Bayi yang minum ASI dari Ibu yang makan Ikan memiliki penglihatan yang lebih baik.
  • Makan Ikan dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.
  • Anak - Anak yang rutin makan Ikan akan berkurang resiko menderita Asthma.

    Ayo Gemari Makan Ikan...

  

You May Also Like

4 comments

  1. Aku juga suka ikan, Chai.. Di rumah dulu mamaku juga setiap hari masak ikan. Maklum, orang Bugis.. Gsk afdal katanya kalo sehari aja gak makan ikan hehehe..

    ReplyDelete
  2. Tahunya rasa apa Chai? kayaknya enak ya.

    ReplyDelete
  3. aku nyium bau ikan aja kadang gak bisa loh...apalagi liat tulangnya... padahal pengen juga coba makan nya dengan lahap....tapi pilihan tahu sandoro nya juga patut dicoba ya....

    ReplyDelete