Menaiki Bus Antar Kota di Vietnam

by - Tuesday, September 10, 2019

Saya mau berbagi cerita pengalaman saya ketika liburan ke Vietnam pada saat menaiki transportasi bus antarkotanya. Perjalanan saya waktu itu dari Ho Chi Minh City ke Mui Ne dan sebaliknya, lama perjalanan kurang lebih empat sampai lima jam. Saya menggunakan travel bus yang berbeda pada saat pulang dan perginya, jadi bisa membuat perbandingan antara kedua travel bus tersebut.

Travel bus pertama yang saya gunakan adalah Phuong Trang, perjalanan dari Ho Chi Minh City ke Mui Ne. Dan tipe tempat duduk busnya yang saya ambil sleeping bus, mereka menyediakan dua tipe tempat duduk yaitu tempat duduk bisa dan sleeping bus. Jadi, satu bus cuma punya satu tipe tempat duduk.

Yang menaiki travel bus Phuong Trang ini kebanyakan warga lokal Vietnam. Kalo turis luar negeri jarang sekali, dan setiap satu jam mereka selalu ada jadwal keberangkatannya. Jadi gampang untuk kita bisa menyesuaikan jadwal keberangkatannya. Waktu itu, saya beli tiket bus yang berangkat jam tiga sore. Tiket busnya tidak perlu dikonfirmasi lagi ketika kita berada di kounter tiketnya untuk berangkat. Dan menunggu busnya berada diseberang kounter tiketnya.

Sebelum jam tiga sore bus sudah stand by dan berangkatnya pun on time. Pertamanya saya heran, kan saya pesan tipe tempat duduknya yang sleeping bus?!. Tapi kok yang saya naiki bus tipe tempat duduknya yang biasa aja. Yah, seperti bus pada umumnya. Ternyata dari kounter tiketnya kita diantar ke tepi halte jalan besar untuk berganti bus yang sebenarnya.   

Harga tiket bus dari Ho Chi Minh City ke Mui Ne adalah 140.000 Dong. Keadaan didalam busnya sangat bersih, rapi dan nyaman. Oiya, busnya memiliki nomor tempat duduk jadi kita tidak perlu rebutan untuk mendapatkan tempat duduk. Tipe tempat duduk sleeping bus ini dua tingkat dan selonjoran. Jadi, kaki kita bisa selonjoran dan posisi badan kita berbaring. Untuk ukuran orang Asia seperti saya, sleeping bus-nya pas banget dengan tubuh saya. Jadi, kaki saya bisa benaran selonjoran ditempat duduknya. 

Untuk menaiki ke dalam bus, kita harus melepaskan alas kaki. Kita juga dapat air mineral, selimut dan kantong kresek untuk tempat alas kaki. Selain supir, ada satu karyawan yang mengecek tiket dan menanyakan kita akan turun dimana pada saat sampai di Mui Ne. Nah, kalo kita menaiki bus ini. Kita bakalan diantar sampai didepan penginapan atau hotel yang sudah kita pesan. Saran saya, kamu harus pesan penginapan atau hotel terlebih dahulu. Supaya kamu tidak repot untuk mencari penginapan atau hotel yang sudah kamu pesan. Dan bisa menghemat budget transportasi juga.

Akan tetapi, bus ini ternyata suka ngaret. -___-"

Oke lah, dari kounter tiketnya on time pas berangkat. Tapi kan kita cuma diantar ke tepi halte jalan besar untuk menunggu lagi bus yang berangkat ke Mui Ne. Hampir satu jam saya menunggunya. belum lagi busnya suka berhenti untuk mengambil penumpang lokal. Jadi, saya tiba ke Mui Ne kemalaman. Yah, cuma kurangnya itu aja sih...

Dari Mui Ne ke Ho Chi Minh City saya menggunakan travel bus The Sinh Tourist. Kalo kita mencari informasi di Internet, pasti turis-turis merekomendasikan untuk menaiki bus ini. Karena harganya lebih murah dan lebih cepat perjalanannya karena bus ini tidak ada mengambil penumpang lagi selain di kounter tiketnya. Saya dapat harga 129.000 Dong, dapat air mineral dan kantong kresek untuk alas kaki kita.

Busnya juga bersih, rapi dan nyaman. Oiya, kita harus konfirmasi lagi ke kounter tiketnya pas mau berangkat. Dan penumpangnya kebanyakan turis luar negeri, selain itu jadwal keberangkatannya tidak setiap jam ada. Adanya dijam-jam tertentu aja, dan beli tiketnya tidak bisa online tapi secara langsung (on the spot). Sedangkan travel bus yang lain bisa beli secara online.

Mau lihat busnya seperti apa ?! Ayo, ditonton vlog saya dibawah ini...

   

You May Also Like

3 comments

  1. Aku juga ke MuiNe naik bus. Dari HCM ke Dalat, balik ke HCM mampir di MuiNe. Nginepnya di Dalat. Bus di sana tu masih tergolong bagus dan AC nya dingin bgt. Bbrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas pulang dari Mui Ne ke Ho Chi Minh City dapat yang paling belakang dan AC cuma ada didaerah samping jendela aja. Jadi panas...

      Delete
  2. Oh yes, the bus has a seat number so we don't need to fight to get a seat. This type of sleeping bus seat is two levels and stretch.

    ReplyDelete