Minum Teh Hijau di Malam Hari Membuat Saya Insomnia

by - Thursday, June 25, 2020

Btw, saya baru tahu ternyata didalam daun teh memiliki kandungan kafein. Dan selama ini saya meminum teh tidak pernah ada masalah dengan gangguan tidur. Tapi, entah kenapa salah satu minuman Green Tea Boba yang saya beli didekat rumah bisa mempengaruhi pola tidur dimalam hari. Saya menjadi tidak bisa tidur malam, otak saya merasa tidak bisa istirahat malahan terjaga hingga pagi. Yah, aneh sih... Saya pikir itu efek dari boba-nya karena saya jarang makan boba. 

Salah satu artikel yang saya baca di website Hallo Sehat mengatakan :

"Tahukah Anda kalau tiap kandungan daun teh mengandung kafein? Ya, kafein merupakan zat stimulan yang bisa ditemukan dalam banyak produk makanan atau minuman. Kafein berfungsi untuk menstimulasi (merangsang) tubuh agar tetap awas dan terjaga, tidak ngantuk.

Kafein umumnya juga ditemukan pada lebih dari 60 jenis tanaman. Termasuk biji kopi, daun teh, kacang kola, dan biji kakao (cokelat). Di seluruh dunia, orang mengkonsumsi kafein setiap hari dalam bentuk kopi, teh, cokelat, minuman energi, minuman bersoda, dan beberapa obat-obatan lain.

Teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sayangnya, kafein yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk. Produksi hormon adrenalin dalam tubuh pun juga akan semakin terpicu setelah Anda minum teh.

Bila Anda adalah orang yang sensitif terhadap kafein atau jarang minum minuman yang mengandung kafein, maka efek insomnia ini akan semakin terasa ketika Anda mencoba tidur di malam hari."

Dan artikel diatas benaran terjadi sama saya. Awalnya saya tidak curiga karena beberapa hari sebelumnya saya pernah membeli Green Tea Boba ditempat lain tapi tidak ada masalah dengan tidur malam. Dan Green Tea Boba yang saya beli mengakibatkan saya  tidak bisa tidur malam adalah Green Tea Boba yang paling enak yang pernah saya minum. Saya sampai ketagihan untuk membelinya lagi diesok harinya. Dan membuat dua hari berturut-turut saya tidak bisa tidur malam. -___-"

Sempat nggak percaya juga sih, masak iya dengan meminum Green Tea Boba dimalam hari membuat saya tidak bisa tidur malam. Terus, beberapa hari kemudian saya mencoba lagi meminum Green Tea Boba ditempat yang sama saya beli sebelumnya. Dan benaran membuat saya tidak bisa tidur malam sama sekali. :'( #hiks

Jadi, sekarang saya sudah tahu apa yang memicu saya tidak bisa tidur malam...


   

You May Also Like

0 comments