Dua Puluh Tiga Negara Telah DiJelajahi

by - Thursday, July 28, 2016

Halllooooo Chai-Readers....

Salam Olahraga buat kalian semua. :-) #ngemilinbarbel

Maap, postingan interview ala-ala saya kali ini sangat mepet waktunya. Baru bisa mempostingkannya diakhir bulan Juli 2016. Maklum, karena narasumber saya untuk edisi bulan Juli ini lagi sangat sibuk atau padat kegiatannya. Jadi, pertanyaan yang sudah saya kirim ke email doi diawal bulan Juli dan baru dibalas emailnya pas mau akhir bulan ini. #warbiyasaksibuknyadoi
 
*Iya, doi sibuk... Sibuk menamatkan kisah drama kehidupannya untuk memastikan tidak ada hati yang tertinggal atau tercecer. #backsound: Armada Band - Mau dibawa kemana #ngakak #maap #cumabecanda*   

Saya dengan narasumber yang satu ini berteman cukup akrab, tapi belum lama juga kami berkenalannya. Awal saya ketemu dengan dia itu... Waktu saya ikutan acara gathering salah satu komunitas yang suka jalan-jalan keluar negeri dan mulai akrab semenjak ikutan beberapa Group diWhatApp (WA) yang membernya 4L (Lo Lagi... Lo Lagi) kebanyakan orang yang sama  cuma beda nama groupnya aja. Dan isi chatingan dibeberapa Group WA 4L sangat random yang kami bahas disana setiap hari... :-P
 
Oiya, kami juga sering menjelajahi pulau disekitaran Kota Batam atau kumpul bareng dengan member group WA 4L. 

Turi Beach, Batam

Pulau Mubut, Batam
Dan ternyata narasumber saya ini sudah mejelajahi dua puluh tiga negara... Saya suka resek kalo dia lagi ngetrip ke luar negeri, minta dipotoin tulisan lah, minta buatin pidio yang mention @chai_loekman untuk update di IG lah dan yang terpenting pulang harus bawa tempelan kulkas buat saya dari negara yang sudah dia kunjungi. Dan dia mau-mau aja dengan semua permintaan saya yang alay itu. Huahahahahahaaaa.....
 
Oleh-oleh tempelan kulkas yang sudah mejeng dikulkas punya emak saya dirumah dari dia yaitu dari Negara Sri Lanka, Vietnam dan New Zealand. 

Poto tulisan dari Jepang (latar Gunung Fuji)
Wah, banyak banget deh kebaikan dia ke saya yang belum bisa saya balas satu persatu... Biarlah Tuhan yang membalas semua kebaikanmu. Amin... #termumu
 
Dan narasumber saya untuk edisi bulan Juli 2016 adalah... Bang Mumu. Itu nama panggilan kesayangan kita-kita ke dia didalam beberapa Group WA 4L.
 
Yuk disimak interview saya dengan Bang Mumu yang sudah menjelajahi dua puluh tiga negara...
 
- Halo bang mumu, silahkan memperkenalkan diri dulu ?

Halo bang Chailuk, senang banget bisa diwawancarai sama bang chailuk, nama saya Muhlis Pane, kegiatan sekarang masih sibuk mengabdi pada negara dan berusaha cari waktu untuk terus jalan-jalan, hehehehe.

- Sudah menjelajahi negara dan kota luar negeri kemana aja ?  
 
Alhamdulillah sampai sekarang udah lumayan banyak sih jalan-jalan nya, pertama kali ke Singapura, terus ke Malaysia (Kuala Lumpur, Johor bahru, Penang, Langkawi, Cameron Highland di Pahang), terus ke Thailand (Bangkok dan Phuket), terus lagi Hongkong, Macau, China (Shenzen, Chengdu, Xian dan Beijing), terus ke Kamboja (Phnom Penh dan Siem Reap).
 
Vietnam (Ho Chi Min City dan Hanoi), terus ke India (Kolkata, Darjeeling, New Delhi, Agra, Jaipur), Jepang (Tokyo, Kyoto, Osaka, Sapporo), Korea (Busan, Seoul, Jeju), Belanda (Amsterdam, Gouda), Jerman (Munchen), Austria (Vienna), Italia (Venice, Milan, Tirano), Swiss (Chur, Zurich, Interlaken), Spanyol (Barcelona), Perancis (Paris), Belgia (Brussel), Turki (Istanbul), Arab Saudi (Jeddah, Madinah, Mekkah), Myanmar (Yangon, Bagan), Selandia baru (Auckland, Christchurch, Queenstown, Rotorua). 
 
*Wiihhhhhh.... Banyak bener negara yang sudah dikunjunginya* 
 
- Negara mana yang ingin dikunjungi dan belum kesampaian sampe sekarang ? 
 
Kalo dibilang pengennya kemana sih masih pengen banyak lagi ya, hahahaha. Tapi mungkin pengen banget ke London dan beberapa negara di benua Afrika seperti Maroko, mudah-mudahan tahun ini bisa tercapai ya Amin.  
 
*Amin... Tolong diaminin juga yah Chai-Readers. Biar saya dapat oleh-oleh tempelan kulkas dari negara-negera tersebut*
 
- Dari beberapa negara yang sudah dikunjungi, negara mana yang sangat berkesan dan ingin balik lagi kesana ? 
 
Negara yang paling berkesan itu adalah India, karena apa? India itu memiliki kehidupan yang luar biasa unik banget, berada di India bagaikan berada didunia lain, hahahaha. Maksudnya banyak sekali hal-hal baru yang belum pernah sama sekali saya rasakan di negara manapun yang pernah saya kunjungi.
 
Misalnya ketika anda naik bajaj atau taksi di India adalah pengalaman luar biasa dengan pengemudinya yang super ngebut dengan klakson disepanjang perjalanan anda. Semacet-macet dan seruwet-ruwetnya lalu lintas di Jakarta, masih kalah sama di India. Tempat wisata di india juga sangat lengkap, mulai tempat paling panas sampai tempat paling dingin ada di India. 
 
- Apa sih arti sebuah perjalanan menurut bang mumu?   
 
Setiap perjalanan saya mempunyai motto yaitu "Perjalanan Bukan diukur dengan seberapa jauh dan seberapa banyak tempat yang telah kita kunjungi, tapi perjalanan lebih kepada seberapa jauh dan banyak pelajaran dan pengalaman yang kita dapatkan. Jadi setiap perjalanan saya selalu berusaha mencari pelajaran dan pengalaman yang saya jumpai disetiap perjalanan yang telah saya lalui.  
 
- Ceritain dong kejadian yang unik saat traveling keluar negeri ? 
 
Waktu itu saya ingat banget nyampe kota Zurrich di Swiss itu udah sore banget malahan hampir malam. Rencananya saya akan menginap disalah satu hostel di kota ini yang telah saya booking dulu lewat internet. Biasanya setelah booking hostel saya langsung akan nyari jalan lewat peta offline biar nanti gak bakalan nyasar pas mau ke hostelnya. 
 
Entah hari itu saya sial atau apa, saya lupa mengatur peta di hape saya untuk peta offline menuju hostel (saya tidak memakai kartu internet pada saat itu dikarenakan satu dan lain hal). Jadilah saya berputar-putar kurang lebih 2 jam sambil menanyakan alamat hostel yang akan saya tuju. Ada beberapa orang yang benar-benar bisa membantu untuk mencari alamat, tapi ada pula yang benar-benar cuek tidak peduli. 
 
Saya sempat putus asa dan sambil duduk didekat stasiun kereta iseng-iseng saya hidupkan mode wifi, dan akhirnya saya dapatkan sinyal wifi, anehnya pada saat sebelumnya saya sudah coba berkali-kali tetap tidak mendapatkan sinyal wifi, begitu saya dapat sinyal wifi saya langsung set alamat hostel dan masalah saya selesai. 
 
Cerita lain masih dengan masalah alamat hostel, kali ini waktu saya mengunjungi ibu kota negara tirai bamboo yaitu Beijing, untuk kasus kali ini tentu saja saya tidak mau kejadian di kota Zurich kemarin terulang lagi, saya sudah mengeset peta di hape saya untuk alamat hostel saya, dan anda tau apa yang terjadi, ternyata kota Beijing itu sangat padat dan tempat-tempatnya sangat membingungkan, padahal jarak stasiun tempat saya sampai dengan hostel itu sangatlah dekat, tetapi dikarekan kota ini sangat membingungkan jadilah saya nyasar sampai ke kantor polisi, hehehehe. 
 
Untungnya pak polisi disana sangat baik, dengan bahasa inggris seadanya dia menelepon pegawai hostel tempat saya menginap dan mengarahkan saya menuju hostelnya dan lagi-lagi masalah saya terselaikan. Masih banyak cerita-cerita seru lainnya yang kalo diceritain bisa panjang banget. 
 
Cerita lain waktu mengunjungi New Zealand, seperti yang kita ketahui kalo New Zealand adalah negara pengekspor sapi terbesar didunia, jadi jangan heran bila anda berkunjung ke sana akan melihat sangat banyak peternakan sapi lengkap dengan sapi-sapinya di sepanjang jalan. 
 
Kejadian lucunya adalah pada saat saya berhenti di pinggir jalan dan hendak foto dengan sapi dari jarak dekat, sontak sapi-sapi tadi yang awalnya makan, langsung berhenti makan dan mulai mendekati kami sambil terus memandangi kami. kejadian itu tentu saja membuat kami heran dan sedikit takut, sapi-sapi yang awalnya sedang makan dengan lahap tiba-tiba saja berhenti ketika saya datangi, hahahaha 
 
- Pelajaran apa yang bisa diambil setelah melakukan perjalanan ke luar negeri dan mungkin bisa diterapkan dinegara kita ? 
 
Pelajaran yang bisa diambil dan diterapkan dari setiap perjalanan adalah sikap disiplin dalam mengantri, jujur, selalu berbuat dan berfikiran positif. Dalam setiap perjalanan yang telah saya lakukan saya selalu berusaha berbuat baik kepada setiap orang yang saya temui, dan Alhamdulillah saya mendapat perlakuan yang baik pula dari setiap orang yang saya temui.   
 
- Kendala apa biasanya yang sering terjadi saat melakukan perjalanan ke luar negeri ?  
 
Kendala yang lumayan berat menurut saya adalah makanan. Dikarenakan saya muslim dan saya berusaha sebisa mungkin makan makanan yang halal, jadinya saya agak kesusahan dalam memilih makanan di negara yang bukan mayoritas penduduk muslim. Cara mengatasinya adalah dengan riset terlebih dahulu sebelum saya memulai perjalanan. 
 
Biasanya saya mencari dan membuat daftar tempat makanan halal di kota yang akan saya kunjungi. Seperti di Jepang kemarin, pada saat saya kesana adalah musim dingin dan saya dengan susah payah tetap mencari makanan halal di cuaca yang cukup ekstrim. Akan terasa berbeda akhirnya bila kita berhasil mendapatkan apa yang kita cari dari awal dengan penuh perjuangan, rasanya akan terasa lebih nikmat tentunya, hehehehe. 
 
- Bang mumu ini tipe traveling yang seperti apa ? Maksudnya suka wisata sejarah kah ?! wisata bahari kah ?! wisata kuliner kah ?! Atau yang lainnya...  
 
Hmmm, Mungkin saya lebih suka wisata budaya (eh gak ada dalam pilihannya ya, hehehe), saya suka melihat aktifitas masyarakat local itu sendiri. Saya sangat senang apabila bisa berinterkasi dengan masyarakat lokal dalam hal mereka sedang menjalankan aktifitasnya, misalnya saya suka kepasar, ke acara-acara keagamaan, festival-festival budaya lokal dan lain sebagainya yang berhubungan dengan budaya suatu negara. 
 
Makanya diatas saya menyebutkan kenapa negara India adalah yang paling saya sukai, karena disana terdapat begitu banyak aktifitas masyarakat dan budaya lokal yang bisa saya lihat dan temukan.   
 
- Tips dan trik untuk mendapatkan tiket murah, peginapan murah, atau apalah yang murah meriah ? 
 
Tips nya ya banyakin aja ikut grup-grup jalan-jalan yang biasanya memberikan informasi tentang akomodasi murah, salah satu contoh grupnya adalah Backpacker Dunia (maaf promosi).   
 
- Pesan buat traveling pemula yang ingin melalang buana ke luar negeri seperti Bang Mumu... ?   
 
Pesannya adalah harus berani, berani memulai sebuah perjalanan, kita tidak akan pernah mendapatkan sebuah perjalanan bila kita tidak pernah memulainya. Tambah pergaulan dengan orang-orang yang punya minat yang sama dalam traveling, sekalian bisa jadi partner dalam jalan-jalan selanjutnya, hehehehe.
 
*Sebenarnya pertanyaan terakhir dibawah ini adalah pertanyaan iseng saja yang saya tanyain ke Bang Mumu. Hehehehehe...*   
 
- Kapan Kawin ??? #jleb *pertanyaan sejuta umat*
 
InsyaAllah kalo sudah ketemu jodohnya aja ya, hehehehe  
 
*sodorin si kakak yang unyumunyu itu. #peace #salamdamai*

Poto dokumentasi perjalanan Bang Mumu...

Turkey, dikota Istanbul

India, dikota Agra

Swiss, dikota Interlaken

Jepang, dikota Sapporo

New Zealand, dikota Timaru
***

Bulan depan pengen celotehin gunung akh... #backsound: Naik - Naik Ke Puncak Gunung

Sampai jumpa lagi dipostingan saya selanjutnya. :-) #wasalam #pamit

*Mau baca postingan interview ala-ala saya yang lain ? Silahkan klik disini.*

You May Also Like

15 comments

  1. Arreza: member group blogger juga mas, kan ada fotonya itu. Dia memang kurang beken sih wkwkwkw

    Kurang pertanyaannya Luk: apa negara paling disuka dan tidak disuka, kemana mau balik lagi dan ga mau balik lagi

    ReplyDelete
  2. salam kenal ya sama mumu...*eeehhh dah kenal ya..hahahaha.. semoga tetap jalan travelingnya ya mu... biar koleksi tempelan kulkas nya om chai nambah juga...:)

    ReplyDelete
  3. Kerenn chai lokman 👍👍👍

    ReplyDelete
  4. mantap edisi #mumunya.
    sukses selalu buat mumu dan tips jalan² nya luar biasa.

    ReplyDelete
  5. foto yg di sapporo keren bang mumu ����

    ReplyDelete
  6. Haduhhh kerennn banget postingan bg luluk yg satu ini, hahhaha, btw makasih ya bg luluk udh numpang beken di blognya, nanti aku hadiahkan tempelan kulkas lagi ya, hahahha

    ReplyDelete
  7. Bang Mumu lagi cari jodoh?
    sama, saya juga. #ehh

    ReplyDelete
  8. Itu tulisan pas di Jepang, kertasnya unyumunyu..
    Akh, aku pengen ke Swiss, doain yaq biar bisa sampe sana ^-^

    ReplyDelete
  9. Itu tulisan pas di Jepang, kertasnya unyumunyu..
    Akh, aku pengen ke Swiss, doain yaq biar bisa sampe sana ^-^

    ReplyDelete
  10. I am so impressed of all of you. I can not even imagine how many different feelings and emotions you got during your trips. This is unbelievable.

    ReplyDelete