Jalan - Jalan Lagi...

by - Saturday, March 19, 2011


Part 1

Sabtu kemarin (05/03/2011) aku melancong lagi ke Negeri Seberang (Singapore), saat aku bilang mau kesana banyak teman/saudara ku berfikir “banyak kali duit anak ini, main ke sana terus”. Dalam hati aku mengamininya.

Apakah anda berpikiran sama dengan mereka ??? Eits, nanti dulu… Begini ceritanya, jadi kemarin itu aku melakukan perjalanan ke Negeri Seberang dengan GRATIS. Yup, G.R.A.T.I.S. Jika ada orang yang bilang “Mana ada di dunia ini yang GRATIS ?!” itu bohong, buktinya aku kesana GRATIS kok. Hhehehehheee………. :-P

Dan faktanya lagi, temanku mengajak aku untuk pergi kesana dalam keadaan terpaksa. “TERPAKSA, SODARA - SODARA !!!“. Jadi kronologis cerita yang sebenarnya adalah… Temanku sudah membeli tiket yang harganya 10 Dolar Singapore <itu sudah termasuk PP loh>.  Tapi belum termasuk PAJAK dari INDONESIA ke SINGAPORE maupun dari SINGAPORE ke INDONESIA.

Mungkin dia pikir itu tiket murah banget, dengan 10 Dolar Singapore sudah bisa ke luar negeri dan korban iklan juga kali ya!. Soalnya yang jual tiket dengan harga segitu adalah  salah satu agen tiket ferry yang baru buka di Pelabuhan International Sekupang <katanya sih lagi promosi tapi kalo di itung – itung tambah pajaknya sama aja dengan harga tiket yang lain >.

Rencananya, temanku akan pergi sendiri ke Negeri Seberang berhubung teman – temannya membatalkan kepergian mereka. Memang sakit hati dan merasa DOWN juga tiba – tiba mau hari H-nya dapat kabar teman kita yang mau berangkat tidak jadi pergi. Aku pernah merasakan seperti itu, rasa kecewa, sedih, galau, gunda – gulana selalu menghampiri.*lebay*

Gimana tidak Kecewa dan Sedih ?! Sebelum hari H-nya kita sudah mempersiapkan semuanya dan becerita panjang lebar mengumbar mimpi kita untuk pergi kesana. Tapi pas waktu mau hari H-nya, mereka seenaknya aja membatalkan keberangkatannya. Hiks…

Ayo, teman – teman siapa yang pernah merasakannya juga ?

Ya, sudahlah. Dan pada suatu hari aku dan temanku berchatting ria melalui YM, dia cerita katanya akan pergi kesana sendiri karena alasan BLA… BLA… BLA… tapi entah kenapa waktu chattingan berlanjut *mungkin lagi kesampok setan* tiba – tiba dia mengajak aku untuk menjadi TOUR GUIDE dia disana.

*Kenapa dia mengajak aku ?!. Karena dia sudah membaca notes aku “Perjalanan Ke Negeri Seberang dari Part 1 sampai 5 ” dan tulisanku membuat dia tertarik untuk kesana*

Dan beruntungnya lagi dia sanggup untuk bayarin Tiket plus Penginapan plus Akomodasi plus Makan selama disana. Rejeki nomplok nggak tuch, HEheheheheee……….. *versi aku, tapi untuk versi dia pasti musibah*.

Tanpa panjang lebar lagi aku langsung menanyakan kepadanya, sudah seberapa jauh persiapan yang telah dia lakukan. Waktu kemarin dia sudah pesan penginapan untuk BACKPACKERS tapi karena ragu sama teman – temannya untuk berangkat sehingga tidak dia konfirmasi lagi email yang diterimanya.

Dia menyuruh aku untuk memesan penginapan. Berhubung waktu kemarin aku nginap di Betel Box dan tempat itu terlalu jauh dari station MRT maka aku mau mencari penginapan tempat lain. Jatuhlah pilihanku ke ABC BACKPACKERS. Aku email ke mereka untuk memesan kamar buat kami. Dan aku ambil satu kamar yang isinya 4 orang dan memesan untuk 2 orang *biar hemat*.

Tak lama selang waktu berlalu. Email akupun langsung dibalas oleh mereka *Mereka termasuk cepat juga merespon email kita*. Kami dapat kamar sesuai dengan yang aku pesan. Masalah penginapan sudah beres maka tinggal masalah keberangkatan dan perjalanan kami aja menuju kesana.

Mulai tahun 2011 kita berangkat ke Negeri Seberang tidak menggunakan NPWP lagi tapi harus bayar pajak sebesar 7 Dolar Singapore untuk pajak dari INDONESIA ke SINGAPORE sedangkan dari SINGAPORE ke INDONESIA kena 20 Dolar Singapore.

Tempat yang kami nginap lumayan bersih dan rapi. Tapi seram juga, banyak terdapat makam tua di daerah sana dan nama jalannya pun juga seram yaitu jalan “KUBOR”.  Dan disana kebanyakan tamu dari INDONESIA yang menginap disana. Harga untuk 1 kamar yang berkapasitas 4 orang seharga 24 Dolar Singapore/malam untuk satu orang dan uang deposit 10 Dolar Singapore/orang. Cukup murah kan ? Dan tentunya akan merepotkan temanku. Hehheheheeee……….

Di Singapore aku mengajak temanku ketempat yang belum aku singgahi. Jadi, liburan ini benar – benar memberikan pengalaman baru juga buat aku. Tour yang aku kasih ke dia “SINGPAPORE EXPO, CHANGI AIRPORT dan MARINA BAY”.

Sebelum kami melakukan perjalanan. Aku dan temanku singgah sebentar ke rumah nenekku di Bedok untuk mengantarkan titipan dari Ibuku. Setelah itu kami langsung ke SINGPORE EXPO. Disini lagi tidak ada acara pameran jadi kelihatan sepi oleh pengunjung. Walaupun sepi tetap aja foto ala narsis bin najis ala jablay bin lebay tetap dilakukan. Setelah puas foto sana – sini kita lanjutkan perjalananan ke CHANGI AIRPORT.

Menunggu MRT dari SINGAPORE EXPO ke CHANGI AIRPORT cukup lama. Dikarenakan Rute ini paling akhir dan lumayan jauh untuk kesana. Entah apalah yang kami cari di CHANGI AIRPORT sana ?!.

Akhirnya MRT yang kami tunggu – tunggu datang juga. Aku penasaran juga kesana, sebagian orang mengatakan Terminal 3 di CHANGI AIRPORT bagus, katanya. Untuk membuktikan omongan mereka kamipun berangkat kesana. Sesudah sampai disana yang kami kunjungi terminal 1 dan 2. Airportnya cukup besar dan banyak terdapat bagian informasi yang dapat kita jumpai disana.

Antara Airport sama Mall disana Cuma beda – beda tipis. Tidak tahu ini namanya apa. Apakah Mall didalam Airport atau Airport didalam Mall. Arsitektur gedungnya juga bagus. Setelah berkeliling dari lantai dasar sampai lantai paling atas, aku masih penasaran dengan Terminal 3-nya. Kami mencoba mencari arah dan jalan untuk sampai ke Terminal 3 tapi tidak dapat tanda – tanda.

Sudah bolak – balik jalan sana sini tapi belum menemukan arah jalan ke Terminal 3. Waktu itu, kami sudah pasrah dan menyerah untuk kesana. Dan waktu mau arah pulang menuju MRT. Aku melihat disitu ada jalan menunjukkan arah ke Terminal 3 dan karena masih penasaran kesana. Kami mencoba mengikuti arah tersebut. Ternayata sodara – sodara !!! sampai juga kami kesana.

Sebenarnya aku sudah menebak terminal 3 itu diseberang jalan gedung Terminal 1 dan 2 tetapi aku dan temanku mencoba mencari jalan untuk menyeberang jalan kesana tapi tidak ada tanda – tanda untuk bisa menyeberang kesana. Padahal kita sudah bolak – balik mencari jalan untuk menyeberang jalan kesana tapi belum juga menemukannya.

Catatan dari aku, kalo kita mau menyeberang dari gedung satu ke gedung yang lain dan dibatasi oleh jalan raya. Maka, kita tidak perlu hati – hati melewati jalan raya untuk menyeberang karena mereka sudah membuat jalan di bawah tanah untuk pejalan kaki untuk menyeberang ke gedung seberang. Mantap nggak tuch infrastruktur kota di Singapore ?!. Diatas bumi sudah penuh bangunan dan di bawah bumi mereka keruk lagi untuk membuat bangunan juga.

Terminal 3 memang bagus sesuai dengan kata orang – orang yang pernah kesana. Banyak pesawat yang lagi berparkiran disana *jiah, bahasanya*. Disana kamipun mengumbar mimpi – mimpi kami dan mencoba memvisualisasikannya. Mimpi kami adalah untuk traveling ke Negara – Negara di Benua Eropa dan Amerika.

Lagi memilih ke negara mana yang akan dikunjungi
 
Kamipun bermain peran disana. Seolah – olah kami mau memilih pergi kenegara mana terus beli tiket dan boarding pas ke pesawat. Hehheheheheee…….. *SARAP-udin*

Mimpi itukan gratis dan kita harus bermimpi setinggi – tingginya. Entah kapan aku bisa merasakan naik pesawat dan terbang ke Benua Amerika dan Eropa. Entahlah, yang jelas Tuhan itukan Maha Mendengar dan akan mendengar doa – doa kita. *Tetap Semangat*

Di CHANGI AIRPORT kami menjumpai segerompolan pelajar yang lagi belajar kelompok. Yup, mereka belajar bersama – sama di Airport. Habis, dalam airportnya nyaman kayak gini sih. Dan mereka asyik – asyik aja belajar disini walaupun duduk lesehan diatas lantai karpet.

Setelah sudah penat berpusing – pusing di Airport kami memtuskan ke MARINA BAY. Disini tempat yang paling romantis menurut aku. Pelantar – pelantar diatas laut yang mereka buat dari kayu sangat indah sekali. Apalagi melihat pantulan cahaya lampu dari gedung – gedung tinggi seberang jalan di malam hari membuat suasana semakin romantis.


Dipelantaran Marina Bay

Di sini ada pertunjukan Air Mancur yang sangat spektakuler. Dan acaranya gratis untuk pengunjung. Jadi, air mancurnya akan mengikuti alunan musik ditambah sinar laser yang dipancarkan dari gedung Marina Sand. Fantastic…

Setelah cukup lama duduk di pelantaran Marina Bay. Kita pulang ke penginapan.

Bersambung…   

You May Also Like

0 comments